Kompas Editors’ Choice

Hanya dalam waktu kurang dari sebulan, aplikasi Kompas Editors’ Choice yang didesain khusus untuk perangkat tablet iPad buatan Apple berhasil menduduki peringkat teratas aplikasigratis di Apple App Store Indonesia. Ini berarti, aplikasi “Kompas iPad” adalah aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna iPad di Indonesia.

“Kami cukup bangga karena ini berarti konten Kompas diminati. Tidak lupa kami berterima kasih kepada pengguna iPad yang memilih Kompas’ Editor Choice sebagai sumber referensinya,” ujar Edi Taslim, Wakil Direktur Bisnis Kompas. Kompas Editors’ Choice menduduki peringkat pertama aplikasi terpopuler untuk semua kategori. Bahkan, aplikasi tersebut melampaui popularitas aplikasi andalan bawaan iPad sendiri seperti iBooks dan aplikasi populer seperti The New York Times.

Edi mengatakan, sambutan terhadap aplikasi Kompas iPad sangat positif, terbukti dengan terus meningkatnya jumlah download dari 1.300 kali di minggu pertama, 1.600 di minggu kedua, dan masih terus bertambah sampai saat ini.

Berdasarkan data resmi dari Apple App Store, sejak muncul pertama kali tanggal 2 Juli hingga 1 Agustus, Kompas Editors’ Choice sudah diunduh sebanyak 5.851 kali dari seluruh dunia. Download terbanyak berasal dari pengguna Indonesia, yaitu sebesar 3.947 kali, menyusul AS 1.143 kali, Australia 237 kali, Singapura 111 kali, dan negara-negara lainnya.

“Data resmi App Store ini menunjukkan bahwa pengguna iPad di Indonesia melebihi asumsi selama ini, yang diperkirakan sekitar 3.000. Cukup masuk akal bila perkiraan kasar ada 5.000 lebih pengguna iPad di Indonesia. Angka ini akan terus bertambah pesat, mengingat iPad sudah diluncurkan di negara tetangga Singapura, pada 23 Juli lalu,” ujar Edi Taslim.

Aplikasi Kompas Editors’ Choice mulai tersedia secara gratis di Apple App Store sejak 2 Juli 2010. Saat ini, aplikasi tersebut menyajikan versi digital rubrik-rubrik pilihan dari HarianKompas dalam bentuk multimedia yang lebih kaya dengan penambahan video, grafik interaktif, dan galeri foto. Diterbitkan lima hari dalam seminggu (Senin-Jumat), edisi-edisi Kompas Editors’ Choice dapat disimpan dan dinikmati secara offline tanpa harus selalu terhubung ke internet.

“Dalam waktu dekat akan ada beberapa perbaikan dan penambahan fitur. Sistem content delivery network akan diperbaiki agar memberikan kecepatan akses dan memperlancar proses download. Kedua, akan ada fitur Resume sehingga pengguna tidak perlu men-download dari awal jika proses gagal di tengah-tengah. Kemudian fitur lainnya, related article,related story, dan related photos,” jelas Edi Taslim.

Saat ini, Kompas Editors’ Choice masih merupakan konten lokal iPad satu-satunya dari Indonesia. Bahkan, Kompas iPad ini merupakan aplikasi surat kabar pertama di Asia yang masukke iPad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: